Jumat, 08 Januari 2016

Cara Membuat Desain Rangkaian Menggunakan EAGLE

Pada kali ini saya akan membuat tutorial atau cara membuat desain sebuah rangkaian menggunakan Software. Namun kali ini saya akan membuat sebuah desain rangkaian menggunakan Software EAGLE v.7.1.0. Pertama kali saya pergunakan Software ini sejak kelas 2 SMK Jurusan Teknik Elektronika yang memperkenankan para siswanya membuat desain rangkaian. Setelah itu guru SMK saya merekomendasikan Software ini karna dirasa cukup mudah untuk pemula. Selain dirasa cukup mudah. Selain untuk memenuhi Mata Kuliah Menggambar Teknik ini, dengan tutorial ini mungkin bisa bermanfaat bagi pembaca yang ingin mempelajari Software ini. Pertama-tama akan diperkenalkan latar belakang terlebih dahulu.






Untuk membuat sebuah desain untuk mendesain rangkaian. Pertama klik File > Open > Schematic.



Ada beberapa jenis desain yang bisa Anda buat:
1. Schematic : Untuk membuat desain rangkaian berupa skema rangkaian. Setelah selesai membuat skemanya, Anda langsung membuat Board atau papannya untuk proses desain rangkaian pada papan PCB (Printed Circuit Board).
2. Board : Untuk membuat desain Layout untuk selanjutnya di print pada papan PCB. Namun, untuk membuat Board secara sistematis, sebaiknya dibuat skemanya pada Schematic agar desainnya terlihat lebih rapi.




Pada gambar Screenshoot diatas, merupakan latar belakang dari Software EAGLE beserta dengan desain rangkaian Multivibrator Monostabil. Sebelum menjelaskan langkah-langkahnya, akan dijelaskan beberapa Toolbar.



 - Move berfungsi untuk memindahkan objek suatu komponen atau jalur.
 - Copy berfungsi untuk mengcopy atau menggandakan suatu komponen atau jalur.
 - Mirror berfungsi untuk mencerminkan suatu komponen atau jalur.
 - Delete berfungsi untuk menghapus suatu komponen atau jalur.
 - Add berfungsi untuk menambahkan komponen-komponen sesuai dengan keinginan.
- Name berfungsi untuk menambahkan nama atau jenis suatu komponen tersebut. Misalnya: C1,R1, dan sebagainya.
- Value berfungsi untuk menambahkan angka atau nilai suatu komponen tersebut. Misalnya R1 10K, dan sebagainya.
- Wire berfungsi untuk membuat jalur untuk menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya.

Sedangkan untuk mencari sebuah komponen elektronika, bisa mencarinya pada Toolbar ADD atau dengan klik Edit > Add...



Setelah itu, muncul beberapa daftar komponen elektronika. Jenisnya dan tipenya pun beragam. Jadi untuk itu perlu ketelitian khusus untuk mencari komponen yang diinginkan. Untuk mencari daftar komponen, langsung ketik pada kotak Search apa yang akan dicari daftar komponennya, lalu OK. Dibawah ini dibuat contoh untuk mencari komponen resistor dan menampilkan hasil pencarian. Memang cukup banyak jenisnya, tapi menurut saya itu cukup lengkap daftar komponennya dari berbagai merk di dunia.



Kemudian, untuk menghubungkan kedua komponen atau lebih menggunakan Toolbar Wire atau bisa dengan klik Draw > Wire



Hal yang harus diperhatikan juga adalah bagaimana arah penjaluran yang baik dan benar. Oleh karena itu, Software ini dibuat mudah dengan cara-cara teknik penjaluran sesuai dengan keinginan.



Demikian Tutorial singkat yang bisa disampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih atas perhatiannya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar